'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA GARUT BANGUN GEDUNG PSAA PUTRI ‘AISYIYAH
02 Agustus 2021 15:00 WIB | dibaca 173

Garut, 2 Agustus, (PDA).

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Garut membangun Panti Sosial Anak Asuh (PSAA), meski pandemi belum berakhir dan pembatasan aktifitas masyarakat masih berlaku.

Kepeduliannya sangat tinggi terhadap anak-anak yatim putri mampu menyingkirkan segala bentuk pembatasan, sehingga proses pembongkaran hingga pembagunan terus dilanjutkan.

“Kami tetap bertekad kuat ingin anak-anak kurang beruntung itu mendapat pendidikan dan perlindungan yang layak, yang merupakan hak dasar setiap anak dan wajib dipenuhi oleh orang tuanya , masyarakat, dan pemerintah,” kata Ketua PDA setempat sekaligus penanggungjawab pembangunan Dra, Hj. Yati Rosyati D saat ditemui di kantor sekretariat PDA.

“Sejumlah anak yatim piatu  dan dhuafa disekitar lingkungan kita,  sebagian besar hidupnya dalam kesusahan dan kekurangan, karena kehilangan tulang punggung pencari nafkah dan figur orang tua dalam hidupnya,’ tambahnya.

Kata dia, kehidupan yang dialami membuat mereka putus sekolah, bahkan ada yang terpaksa harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Fenomena ini menjadi inspirasi bagi kami ‘Aisyiyah untuk bisa berpartisipasi dengan pemerintah guna menciptakan kesejahteraan khususnya anak – anak yatim berupa Panti Sosial Anak Asuh (PSAA) PUTRI Aisyiyah,” ungkap Ketua Panitia Pembangunan Hj Epi Sopiah.

Dengan mendirikan sebuah gedung permanen ini bisa untuk tempat berlindung, tempat berteduh, tempat belajar dan tempat memperoleh pemberdayaan bagi sekaligus sebagai rumah bagi mereka, katanya.

“Tujuan utama panti itu antara lain menampung, membina dan memberdayakan anak yatim, yatim piatu, dhuafa agar memperoleh penghidupan yang layak, memberikan perlindungan dan pemberdayaan di tempat tinggal yang layak huni,” beber Wakil ketua pembangunan Hj. Nanny Sumarniketika meninjau jalannya pembangunan.

Membentuk, membina, generasi penerus kader Aisyiyah yang islami dan berkualitas, mendidik dan mempersiapkan mereka menjadi perempuan mandiri, istri, ibu sholihah dan berkualitas, demikian Nanny.

Menjalin persaudaraan dan meningkatkan ukhuwah islamiyah, menjalankan fungsi amaliah sosial dan kemanusiaan lainnya, serta menjadi media bagi seluruh umat islam dalam membelanjakan hartanya di jalan Allah.

Bangunan ini dirancang sesuai kaidah Green Building dimana kaidah bangunan hijau meliputi ketersediaan bukaan bangunan sebagai sumber cahaya dan ventilasi udara diperhatikan, dan karena kurangnya lahan hijau maka alternatif lain adalah menggunakan area dak atap sebagai roof garden yang dapat digunakan sebagai media tanaman, area bermain dan belajar, sekaligus suplay oksigen bagi lingkungan PSAA

“Fungsi ruang per lantai yaitu, lantai satu berfungsi sebagai ruang kantor pengelola panti dan ruang tamu, ruang kegiatan, ruang bermain, dapur dan gudang, lantai dua berfungsi sebagai ruang tidur anak-anak asuh, ruang tidur pengurus/pengasuh, kamar mandi/wc, danantai atap / roof garden berfungsi sebagai area hijau tanaman ,” tutur Pimpinan Proyek Ir. Hj. Iim Hamida.

Harapan kami memberikan pembinaan peningkatan kemampuan berfikir dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui sekolah formal maupun non formal, memberikan pembinaan dan bimbingan baik fisik, mental maupun spritual, memberikan perlindungan dan kenyamanan, tambahnya.

Anak yatim, anak yatim piatu, anak dari keluarga yang tidak mampu, kaum dhuafa, anak terlantar, atau ditelantarkan, Iim menambahkan.

Gedung PSAA Putri Aisyiyah ini terletak di Jln. A. Yani, Gg. Bioskop Cikuray No. 214 , RT 04 /RW 02 Kelurahan Ciwalen,  Kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat.

Selanjutnya dikatakan Iim, total biaya sarana dan prasarana PSAA Putri ‘Aisyiyah ini mencapai Rp. 1.250.270.000, dengan perincian biaya standar bangunan       Rp. 1.175.500.000, kelengkapan bangunan Rp 70.770.000, didirikan di atas lahan seluas 249 m2, akan menjadi bangunan seluas 347 m2 dan pembongkaran bangunan dimulai pada 15 Juni 2021.

Berikut digambarkan wakil pimpinan proyek Hj Ai Rustini, S.Ag team pembangunan PSAA putri ‘Aisyiyah diantaranya penanggung jawab ketua PDA Hj. Yati Rosyati Damir (HP : 0813 1229 2366), ketua Panitia pembangunan Hj. Epi Supiah (HP : 0852 2358 1607), wakil ketua pembangunan Hj. Nany Sumarni (HP : 0812214459502), sekretaris Nana Suryana (HP: 081321821930).

 

Dia juga menjelaskan jika masyarakat ingin menyumbangkan sebagian hartanya bisa dengan cara langsung mendatangi kantor sekretariat PDA, atau melalui transfer ke nomor rekening berikut :

REKENING  PEMBANGUNAN PSAA PUTRI ‘AISYIYAH

PIMPINAN DAERAH AISYIYAH GARUT

BRI : 1345 – 01 – 001948  535

Alamat kantor terletak di Jl. Muhammadiyah No.21, Regol, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44114, setelah transfer silakan konfirmasi ke nomor HP.  0813 1229 2366. ******

Shared Post: